oleh

BUDAYA BERINOVASI

-BERONAVASI-663 views
Spread the love

Rasionalnews Pekalongan(05/11/20)

Pemerintah Kota Pekalongan-
menyerahkan penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2020 kepada masyarakat Kota Pekalongan yang telah menghasilkan/melakukan penemuan atas suatu produk inovasi. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE kepada lima pemenang di Ruang Kalijaga Setda setempat, Kamis (5/11/2020).

Menurut Walikota Saelany ajang Krenova yang digelar setiap tahun ini dapat mendorong budaya berinovasi masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan daya saing inovasi daerah. “Kegiatan ini bisa menelurkan para inovator dan kreator di Kota Pekalongan seperti anak-anak dan pemuda yang lebih kreatif dan inovatif ke depannya,” tutur Saelany.

Dikatakan Saelany, bagi seorang pelajar, pedagang, dan pegawai, kreativitas sudah jadi kebutuhan, kalau tidak kreatif pasti tertinggal. “Saatnya kita pacu masyarakat agar bekerja dengan inovasi. Jadi tak hanya meniru atau plagiat tapi harus mencipta,” kata Saelany.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Cayekti Widigdo AP MSi menerangkan bahwa hal yang ditekan dalam Krenova adalah orisinalitas, kepioniran, penerapan di masyarakat, kemanfaatan dan keberlangsungan.

“Maksud dan tujuan Kegiatan ini adalah memberikan penghargaan atau anugerah kepada masyarakat Kota Pekalongan baik secara individu maupun kelompok masyarakat yang telah berhasil sebagai penggali, penemu atau pengembang dan karyanya diharapkan dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Cayekti.

Disebutkan Cayekti dari 24 inventor ada lima pemenang. Juara I yakni Benni Ismail dengan kreativitasnya Kran Air Cuci Tangan Tangkal Covid 19 (Kran Air Robotic Menggunakan Sistim Sensor Ultrasonik), Juara II yakni Pokja Proklim Gamer dengan kreativitasnya Pertanian Apung sebagai Alternatif Budidaya Pertanian dan Ekowisata Terpadu pada Lahan Terdampak Banjir dan Rob di Kampung Iklim RW 09 Kelurahan Gamer Kota Pekalongan.

Juara III yakni Fla Gardenia dengan kreativitasnya Kaori-dama: Si Penyejuk Mata Bikin Harum Ruangan (sebuah inovasi Florikultura dengan memanfaatkan limbah serbuk kayu), Juara Harapan I yakni PT Urip Sugiharto dengan kreativitasnya Menurunkan Sisa Tembakau Akhir Proses Area Giling di Kelompok 14, dan Juara Harapan II yakni Afni Dhia Aqmarina dengan kreativitasnya Tas Resycle.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Situs Berita Rasional dan Akurat

Komentar